Home / Lifestyle / Perbedaan Beberapa Jenis Lantai Kayu

Perbedaan Beberapa Jenis Lantai Kayu

Untuk mendapatkan lantai kayu yang indah dalam meningkatkan nilai estetika dan memberikan cita rasa seni serta kealamian pada ruangan Anda, terdapat beberapa jenis lantai kayu yang memiliki kelebihan dan kekurangan termasuk dalam hal nilai atau biaya yang akan dikeluarkan.

Berikut adalah perbedaan dasar antara Solid Wood Flooring, Engineered Wood Flooring dan Laminate Flooring yang dapat dipergunakan untuk bahan pertimbangan pemilihan pemasangan lantai kayu.

– Solid Wood Flooring (Lantai kayu solid)
Sesuai dengan namanya, lantai kayu solid terbuat dari panel kayu solid yang langsung berasal dari pohon. Panel kayu dipotong dengan bentuk dan ketebalan tertentu, diamplas kemudian dilakukan pengecatan atau refinishing lantai kayu. Dapat juga dilapisi dengan minyak atau varnish yang memiliki variasi dalam daya tahan/keawetan tetapi tetap tergantung pada lalu lintas pejalan kaki yang melewati lantai kayu tersebut.

– Engineered Wood Flooring / Composite Wood Flooring (Lantai kayu komposit)
Lantai kayu komposit memiliki nilai estetika yang setara dengan lantai kayu solid, meskipun dirancang dengan menggunakan lapisan tipis kayu solid asli yang ditempelkan di atas kayu MDF. Kayu MDF adalah suatu panel yang terbuat dari kumpulan kayu dengan diameter kecil. Kumpulan kayu berdiameter kecil tersebut kemudian dicuci lalu direbus pada suhu tertentu sehingga membentuk bubur kertas. Kemudian bubur kertas tersebut diberi lem dan wax. Campuran antara bubur kertas, lem, dan wax tersebut kemudian diberikan tekanan dan panas untuk menghasilkan benda yang lebih solid dengan ketebalan tertentu dan dipotong semirip mungkin dengan panel lantai kayu.
Seperti halnya panel lantai kayu solid, lantai kayu komposit dapat dilapisi dengan cat, minyak atau varnish sesuai dengan kebutuhan.

– Laminate Flooring (Lantai kayu laminasi)
Lantai kayu laminasi pada dasarnya adalah panel yang terbuat dari plastik yang ditempel dengan gambar atau foto dari serat kayu. Lantai jenis ini memiliki harga atau biaya yang paling murah dan oleh beberapa kalangan masih diklasifikasikan sebagai lantai kayu.

Dalam hal kualitas, lantai kayu solid adalah pilihan yang paling tahan lama dibandingkan dengan pilihan lainnya, meskipun pemeliharaan dan perawatan tetap harus selalu dilakukan.

loading...

Check Also

Cara Mengaitkan Youtube dan Google Adsense

Cara Mengaitkan Youtube dan Google Adsense

Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada Cara Mendapatkan Uang Dari Video Youtube bahwa pembayaran …