Home / Peristiwa / Kodam VII Wirabuana Dinilai Langgar HAM Penggusuran Warga Bara-Baraya

Kodam VII Wirabuana Dinilai Langgar HAM Penggusuran Warga Bara-Baraya

Makassarta.com – Prof Hafidz Abbas yang selaku Komisioner Komisi Nasional Perlindungan Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), mendatangi langsung masyarakat Bara-Baraya di Jalan Abubakar Lambogo,  Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Senin (20/3/2017).

Prof Hafidz Abbas datang ke Makassar terkait penggusuran paksa yang dilakukan Kodam VII Wirabuana kepada untuk masyarakat Barabaraya .

Setelah melihat langsung kondisi lokasi, Hafidz Abbas menilai jika pihak Kodam VII Wirabuama, melanggar atau melakukan tindakan yang bertentangan dengan asas-asas HAM yang dianut Bangsa Indonesia.

“Penggusuran itu adalah pelanggaran HAM, kita semua dan seluruh dunia mempunyai pandangan yang sama akan hal itu. Apabila dilakukan maka akan melanggar asas-asas kemanusia dan akan menimbulkan masalah besar,” kata Hafidz Abbas di Baruga Asrama Bara-Baraya.

Menurut Hafidz Abbas, sebelum pihak Kodam VII Wirabuana melakukan pergusuran paksa, terlebih dahulu memperhatikan beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam pergususran tersebut, diantaranya yang paling terpenting adalah tidak boleh melakukan penggusuran di waktu malam dan saat cuaca yang tidak memungkinkan, misalkan kondisi hujan.

“Kalau mau melakukan penggusuran harus ada kesepakatan oleh kedua belah pihak, yakni warga dan pihak Kodam VII Wirabuana, kalau warga menolak, tidak boleh dilakukan. Selain itu, tidak boleh dilakukan penggusuran pada saat anak-anak sedang sekolah dan dilakukan pada malam hari. Semua harus sesuai undang-undang,” jelasnya.

Pihak Komnas HAM berjanji akan mengawal serta akan menugaskan beberapa tim untuk tetap berada di Kota Makassar hingga Jumat 25 Maret nanti guna mengawal dan mencari solusi yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

“Kami akan mengawal beberapa hari kedepan dengan harapan ada solusi terbaik,” pungkasnya.

“Setelah ini, kami akan ketemu Pangdam VII Wirabuana untuk menyampaikan perihal kaidah-kaidah HAM yang mungkin mereka lupa atau memang kurang tahu,” tambahnya.

Check Also

Penyebab Karamnya Kapal Barang Mujur Indah

Penyebab Karamnya Kapal Barang Mujur Indah

Makassarta.com – Kapal barang yang mengangkut beras dan telur serta 10 awak kapal tenggelam saat …