Home / Peristiwa / Hanya Rp 3 Juta, Polda Sulsel Enggan Tahan Tersangka Kasus Pungli

Hanya Rp 3 Juta, Polda Sulsel Enggan Tahan Tersangka Kasus Pungli

Makassarta.com – Salah seorang tersangka kasus pungutan liar (Pungli) di kantor BPN Gowa tidak jadi ditahan. Menurut Polda Sulsel, pihkanya tidak dapat menahan tersangka karena barang bukti tidak lebih Rp 3 juta dan tidak memenuhi pasal 12 A UU nomor 20 tahun 2001.

“Kita tidak bisa tahan karena memang barang bukti tidak lebih dari lima juta, tapi kalau lebih dari itu pasti kami tahan,” ujar Dicky, Jumat (17/3/2017).

Tersangka tersebut merupakan pejabat berinisial RI yang tertangkap saat tim Saber Pungli Polda Sulsel melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada lingkup BPN, Gowa, Rabu (22/2) pukul 11.00 Wita.

Saat kejadian tersebut RI bersama supirnya AN. Tim Saber Pungli Polda menyita uang sebesar 3 juta yang diduga hasil pungli dalam mobil Chevrolet Captiva.

Kasus itu masih ditangani penyidik Polda, tersangka tidak bisa ditahan tapi tetap ada pasal yang disangkakan kepada RI.

RI disangkakan pasal 12 E, UU nomor 20 tahun 2001, Subsider Pasal 23 UU nomor 31 tahun 1999, junto Pasal 421 KUHP, job Pasal 55 KUHP.

“Pasalnya ini tentang perbuatan pidana pungutan oleh oknum pegawai negeri, jadi ancaman hukuman berlaku untuk bukti di atas Rp 5 juta,” jelas Dicky.

loading...

Check Also

Bermaksud Razia Narkoba, Polisi Ini Justru Perkosa Siswi SMA

Bermaksud Razia Narkoba, Polisi Ini Justru Perkosa Siswi SMA

Razia narkoba jajaran Polres Nias di sebuah warung internet di daerah Gunung Sitoli berakhir dengan …