Home / Hiburan / Video: Kisah Nyata Film “Silariang” Bikin Terharu

Video: Kisah Nyata Film “Silariang” Bikin Terharu

Makassarta.com – Hingga Sabtu (12/3/2017), Film Silariang, diklaim sudah dilihat 100 ribu penonton di 32 layar di 21 kota di Indonesia.

Ternyata film ini merupakan kiasah nyata yang menyisakan tangis dan takjub bagi kru dan mereka yang terlibat di film ini.

Kisah tersebut dialami oleh Hajjah Hayanah Yoni Djafar (67) yang begitu terharu usai menyaksikan film berdurasi sekitar 90 menit ini.

Hajjah Hayanah Yoni Djafar adalah istri dari almarhum M Djafar Abu. DJafar merupakan penulis, pencipta sekaligsu penata musik dari lagu Sajang Rennu. Lagu inilah yang jadi soundtrack film Silariang. Lagu ini dinyanyikan ulang oleh Ina KDI, istri dari gelandang utama PSM Makassar.

Hajjah Hayana bercerita kepada Rere, jika akhir dekade 1970-an, kisah asmara dia dan mendiang suaminya, tak dapat restu dua keluarga besar mereka.

Hayana dan kekasih kemudian menjaga cinta mereka berdua dengan cara silariang

“Budaya, adat istiadat harus dilanggar kerena cinta,” ujar Wandi Gamajaya, salah seorang kru film Silariang.

Wandilah yang ikut memfasilitasi produser dan sutradara untuk mendapat hak guna pakai lagu Sajang Rennu di film Silariang.

“Sebelum almarhum Pak Jafar meninggal, dia memang pernah cerita di Jakarta, andai dia dan istrinya tak Silariang, maka lagu Sajang Rennu dan 4 anaknya tak akan ada,” ujar Wandi, menirukan cerita almarhum Djafar.

DJafar adalah seniman sekaligus wirasastawan asal Parepare. Lagu Sajang Rennu, dia ciptakan sekitar tahun 1985-an.

Lagu ini booming dengan judul populis, Awwwiii.

Anchi Laricci, penyanyi lokal Makassar, ikut mempopulerkan lagu yang digambarkan Wandi, di tahun 1980-an, hampir semua mobil angkutan umum di Sulsel wajib memiliki kaset lagu ini kalau mau penumpangnya tak marah.

Lirik Lagu lirih dan mendayu itu, antara lain seperti ini;

Kegani maka utiwi sajang rennu atikku
Eloku sedding ro mate
Na tea lao nyawaku
Notaroa sajang rennu
Naulleku tapakkua
(Kemanakah akan kubawa rasa kecewa di hatiku
Ingin rasanya aku mati
Namun nyawaku tak mau pergi
Kau biarkan aku dalam kecewa
Teganya kau menyakitiku)

Check Also

Film “Suhu Beku” karya Sineas Makassar, Siap Tayang DiBioskop

Film “Suhu Beku” karya Sineas Makassar, Siap Tayang DiBioskop

Makassarta.com – Saat ini karya film-film lokal makassar semakin menunjukkan esistensinya dalam dunia ferfilman nasional. …