Home / Hubungan / Afrika Selatan Menobatkan Syekh Yusuf Sebagai Pahlawan

Afrika Selatan Menobatkan Syekh Yusuf Sebagai Pahlawan

Makassarta.com – Syekh Yusuf yang merupakan pejuang asal Gowa di nobatkan oleh Afrika Selatan sebagai Pahlawan bersama dengan Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Hal tersebut diungkapkan Megawati Sukarnoputri di rumahnya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/3/2017). Gelar pahlawan tersebut diberikan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, ketika menyambangi kediaman Megawati.

Afrika Selatan memberikan Presiden RI Pertama, Ir Soekarno gelar pahlawan, karena perjuangannya menyatukan rakyat sangat menginspirasi rakyat Afrika Selatan. Sedangkan Syekh Yusuf pejuang dari Makassar yang dibuang ke Afrika Selatan oleh Pemerintah Kolonial Belanda. Selama di Afrika Selatan, Syekh Yusuf juga menggelorakan perjuangan untuk merdeka kepada rakyat Afrika Selatan dari pemerintah kolonial Inggris. Sebagai penghargaan sleian pahlawan, nama Makassar dijadikan sebuah nama perkampungan di Afrika Selatan.

“Pahlawan yang pertama adalah Presiden pertama RI Presiden Soekarno. Satu lagi Syekh Yusuf,” kata Megawati, menambahkan bahwa gelar pahlawan diberikan pada Syekh Yusuf karena beliau pernah berjuang bersama masyarakat Afrika Selatan.

Syekh Yusuf lahir di Gowa pada 3 Juli 1626, dan wafat di Cape Town, Afrika Selatan pada 23 Mei 1699, pada usia 72 tahun. Kemudian Syekh Yusuf dibuang ke Sri Lanka oleh penjajah pada bulan September 1684. Meskipun telah dibuang, Syekh Yusuf masih tetap aktif menyebarkan agama Islam dimana pada negara Sri Lanka ia memiliki ratusan pengikut.

Tak cuma sampai disitu setelah sukses memiliki ratusan pengikut, Syekh Yusuf kembali dibuang ke Afrika Selatan pada bulan Juli 1693, saat di Afrika Selatan Syekh Yusuf aktif juga membantu perjuangan kemerdekaan masyarakat di negara itu.

Megawati mengatakan, selain diberi gelar pahlwan, ada juga sebuah wilayah yang dinamai Kampung Makassar di Afrika Selatan, untuk mengenang jasa-jasa Syekh. Kunjungan Presiden Afrika Selatan merupakan kunjungan balasan, karena Megawati pernah berkunjung ke Afrika Selatan dan bertemu Presiden Nelson Mandela, ketika menjabat sebagai presiden RI.

loading...

Check Also

5 Makna Di Balik Ucapan Wanita “Kamu Terlalu Baik Untuk Aku”

5 Makna Di Balik Ucapan Wanita “Kamu Terlalu Baik Untuk Aku”

Ketika kamu menyatakan cinta pada si dia, lalu dia menolak dengan alasan, “Kamu terlalu baik …