Home / Hubungan / 9 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Kepercayaan Diri Kamu

9 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Kepercayaan Diri Kamu

Mempertahankan kepercayaan diri itu susah. Apalagi pada setiap harinya, selalu ada saja cobaan dan gangguan dari mana saja yang berpotensi meruntuhkan kepercayaan dirimu.

Oleh karena itulah, wajib hukumnya untuk memotivasi diri setiap hari. Kamu harus belajar menyingkirkan pikiran atau mindset negatif yang menghambatmu jadi percaya diri. Dan tahu tidak, semua pikiran negatif yang bikin kamu tidak percaya diri berasal dari kebiasaan sehari-hari yang tanpa kamu sadari sering kamu lakukan. Saatnya mengenali semua kebiasaan buruk yang biasa kamu lakukan yang dapat merusak kepercayaan dirimu.

1. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan dirimu dengan orang lain sama saja dengan menganiaya diri sendiri. Dengan melakukannya, kamu menganggap dirimu tidak lebih berharga daripada orang yang kamu bandingkan tersebut. Fokus saja pada perkembangan dirimu dan kesuksesanmu, jangan terlalu terpaku pada orang lain.

The reason we struggle with insecurity is because we compare our behind-the-scenes with everyone else’s highlight reel.”—Steven Furtick

2. Malas Membuat Jadwal Kegiatan Setiap Hari

Siapa pun kamu, apapun pekerjaan kamu, pukul berapa pun kamu bangun tidur, penting sekali untuk membuat jadwal kegiatan di setiap harinya. Mengapa? Karena kamu pasti akan mudah kecewa, insecure, dan merasa kurang produktif saat kamu merasa hari ini tidak ada pencapaian atau penyelesaian apapun. Buatlah minimal 2-3 rencana setiap hari yang sekiranya bisa kamu capai dalam satu hari. Semakin banyak pencapaian kecilmu, semakin meningkat juga kepercayaan dirimu.

3. Selalu Ingin Menyenangkan Semua Orang

You can’t please everyone. Apabila kamu memiliki sifat ini, tandanya kamu belum tahu kapasitas dan batasan diri kamu. Lebih baik kamu menolak pekerjaan yang tidak sanggup kamu selesaikan daripada menerimanya demi menyenangkan orang lain. Kamu tidak akan ikhlas dan mudah kesal apabila pekerjaan tersebut malah membuat kamu makin kewalahan. Selain itu, menurut liputan ABC News, orang yang selalu ingin menyenangkan semua orang bisa menjadi target bullying di lingkungan pekerjaannya.

4. Terus Menghakimi Diri Sendiri

Kalau menurutmu kamu tidak berharga, orang lain akan menganggapmu tidak berharga juga. Makanya, kalau kamu terus menghakimi diri sendiri, kamu akan makin percaya dirimu tidak layak, tidak baik, dan lain-lainnya yang kamu ucapkan pada dirimu sendiri. Berhentilah melakukan itu. Belajarlah berpikir positif dan carilah bantuan apabila kamu tidak mampu.

5. Memperlakukan Orang Lain dengan Buruk

Sederhana saja, perlakuanmu terhadap orang lain adalah cerminan dirimu sendiri. Mereka akan menjauh darimu, dan kamu hanya dikelilingi oleh orang-orang insecure dan tidak berkualitas sepertimu. Di samping itu, perlakuan burukmu juga dapat membuatmu membenci diri sendiri, sehingga kepercayaan dirimu makin menurun.

6. Menyalahgunakan Alkohol dan Obat-obatan

Karena stres dan insecure, kamu beralih ke alkohol dan obat-obatan untuk menutupinya. Meski masalah dapat terlupakan dalam sesaat, masalah tersebut tidak akan hilang dan malah bertambah. Menyalahgunakan alkohol dan obat-obatan tidak akan membantumu belajar menghadapi dan menyelesaikan masalah di depan mata. Kamu akan tenggelam di lautan masalahmu sendiri.

7. Selalu Memosisikan Dirimu Sebagai Korban

Apapun masalahnya, kamu selalu memosisikan dirimu sebagai korban. Tidak hanya mengubahmu menjadi drama queen, kamu juga menganggap dirimu tidak berdaya, tidak mampu, dan kamu jadi malas berusaha. Kekuatan untuk menyelesaikan masalah hanya muncul setelah kamu membuktikan diri bahwa kamu mampu mengalahkan mindset merugikanmu.

8. Terlalu Lama Menghabiskan Waktu di Media Sosial

Penelitian dari University of Salford mengungkapkan bahwa 50% orang berkata hidup mereka terasa lebih buruk gara-gara media sosial. Hal ini disebabkan karena kepercayaan diri mereka mudah runtuh saat membandingkan diri mereka dengan kesuksesan orang lain di media sosialBatasilah penggunaan media sosialmu dan gunakan waktumu untuk melakukan hal yang lebih produktif. Ingat-ingat, kebanyakan orang tidak pernah menunjukkan yang sisi kehidupan mereka yang buruk di media sosial.

9. Menyimpan Dendam Pada Diri Sendiri

Dendam pada orang lain saja sudah tidak baik, apalagi pada diri sendiri? Meski kamu sangat cinta pasangan dan temanmu, kamu juga patut mencintai diri sendiri. Maafkan dirimu saat melakukan kesalahan dan belajarlah berdamai dengan diri sendiri. Tidak ada orang sempurna di dunia ini, namun kamu tetap harus berusaha melakukan yang terbaik.

Membangun kepercayaan diri dapat membutuhkan usaha dan proses bertahun-tahun ketimbang meruntuhkannya yang hanya membutuhkan sedetik. Karena itulah, kebanyakan orang lebih suka bertahan di zona nyamannya yang minder dan insecure.

loading...

Check Also

5 Tahap Jatuh Cinta Menurut Sains

5 Tahap Jatuh Cinta Menurut Sains

Jatuh cinta adalah sebuah proses alami yang begitu indah tetapi cukup rumit. Jika Anda perhatikan, …